Customer Relationship Management

Rabu, 24 September 2014

Program Yang Bertujuan Mendapat Loyalitas Pelanggan


Nama Program : Elektronik Market Village (E-MV)

Definisi :

E-MV adalah Sistem yang berbasis web yang berfungsi sebagai jembatan antara petani , distributor , penjual dan pembeli sebagai sarana untuk informasi dan transaksi penjualan di pasar tradisional.

Rumusan Masalah :

diambil dari penjual pasar yang sering kekurangan bahan baku untuk berjualan khususnya untuk sayuran dan buah-buahan karena terkendala oleh informasi dari petani dan distributor. dari petani sendiri biasanya kesulitan untuk mendistribusikan produknya ke pasar karena terkendala oleh daerah yang terpencil dan sulitnya akses untuk ke pasar. untuk distributo sendiri kurangnya informasi dari petani , apakah barang yang di butuhkan tersedia atau tidak . Oleh karena itu E-MV disini berfungsi sebagi jembatan yang memberikan informasi baik itu mengenai stok ketersediaan barang, informasi tentang daerah penghasil barang maupun informasi mengenai harga barang itu sendiri sehingga masing-masing pihak tidak merasa dirugikan .


Konsep :



Pendekatan Yang Dipakai :

Pendekatan manfaat sosial (Sosial benefit)
karena cara yang dipakai untuk menarik loyalitas pelanggan adalah cara yang umum , tetapi efisien dalam menarik kepercayaan antara pelanggan, penjual, distributor dan petani .sehingga dari berbagi sisi memperoleh keuntungan tersendiri.

Loyalitas Antara Pelanggan :


  • Bagi Pelanggan


  1. Memberi kemudahan dalam bertransaksi artinya pemesana barang dapat dilakukan secara online.
  2. Memberi kemudahan dalam Informasi barang dan dapat mengetahui harga barang yang ada di pasar secra uptudate.
  3. Memberi layanan tentang informasi barang asal daerah . contoh : kentang asal desa dieng terkenal dengan tanaman kentangnya.
  4. memberikan pengetahuan kepada pembeli tentang barang yang akan di belinya.
  • Bagi Penjual
  1. Memberikan kemudahan dalam mengetahui stok barang yang akan di jual .
  2. Dapat mengetahui informasi mengenai daerah asal barang 
  • Bagi Petani
  1. Dapat mendistribusikan barangnya langsung kepasar dengan cara memosting langsung ke web E-MV
  2. Proses pendistribusian mudah
  3. Harga yang ditawarkan sesuai denngan harga pasar.
  • Bagi Distributor
  1. Mempermudah Informasi tentang pasokan barang
  2. Mengetahui tempat asal barang secara online dengan E-MV.
  3. Meperluas area distribusi 
Kesimpulan :

Dengan demikian E-MV atau Elektronik Market Village ini dapat menguntungkan di berbagi sisi baik itu dari pelanggan,penjual, distributor sampai dengan petani dapat keuntungannya . sehinggan dapat menciptakan simbiosis mutualisme yang baik. Oleh karena itu loyalitas pelanggan akan terbentuk dengan sendirinya , dengan Kemudahan\-kemudahan yang terdapat di E-MV .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar